Dunia Kemarin Mengesankan dan Apa yang terjadi esok, Allah tentukan yang terbaik untukku.
  • facebook

Indonesia dengan kekhasan sebagai  negara kepulauan, memiliki bermacam macam adat istiadat, budaya, agama bahkan bahasa. Sumberdaya kekayaan alam yang berlimpah menjadikan Indonesia sebagai negara yang potensial bagi kemakmuran bangsanya. posisi Indonesia pada posisi silang  dan keadaan geografi yang strategis dan kaya akan sumber daya alam (SDA) serta didukung oleh jumlah penduduk menjadi nilai positif negara Indonesia. Namun wujud kepulauan dan keanekaragaman masyarakat yang harus disatukan dalam satu bangsa, satu negara dan satu tanah air dapat menjadi kekurangan dalam upaya mewujudkan cita-cita bangsa.

 Dalam masyarakat yang sangat majemuk seperti Indonesia, tidak mudah menemukan tali perekat . Salah satu yang dapat dijadikan sebagai tali perekat sebenarnya adalah Pancasila. Di samping itu, adanya wawasan yang sama dilandasi oleh sejarah perjuangan bangsa, proklamasi, konfigurasi wilayah, letak geografis dan kebersamaan. Selain Pancasila, maka cara pandang bangsa yang sama, dapat dijadikan landasan pemersatu, yaitu Wawasan Nusantara.

Secara umum wawasan nasional berarti cara pandang suatu bangsa tentang diri dan lingkungannya yang dijabarkan dari dasar falsafah dan sejarah bangsa itu sesuai dengan posisi dan kondisi geografi negaranya untuk mencapai tujuan atau cita – cita nasionalnya. Sedangkan arti dari wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan atau cita – cita nasionalnya. Dengan demikian wawasan nusantara berperan untuk membimbing bangsa Indonesia dalam penyelengaraan kehidupannya serta sebagai rambu – rambu dalam perjuanagan mengisi kemerdekaan. Wawasan nusantara sebagai cara pandang juga mengajarkan bagaimana pentingnya membina persatuan dan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan bangsa dan negara dalam mencapai tujuan dan cita – citanya.

 Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan sekitarnya berdasarkan ide nasionalnya yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 (Undang-Undang Dasar 1945) yang merupakan aspirasi bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat, bermartabat serta menjiawai tata hidup dalam mencapai tujuan perjuangan nasional.

Adapun materi wawasan nusantara dapat dilihat pada powerpoint berikut

Wawasan Nusantara

Selanjutnya, silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut :

  1. Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaja, adalah deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI. Jelaskan manfaat deklarasi juanda bagi nusantara.
  2. Bagaimanakah pengaruh penjualan pasir dari kepulauan Riau untuk reklamasi pulau Singapura dilihat dari sudut pandang zone teritorial Indonesia?
  3.  Pulau Berhala  terletak di Selat Malaka yang berbatasan dengan Negara Malaysia, Pulau Nipa diperbatasan antara Propinsi Riau dengan Negara Singapura, Pulau Sekatung di sebelah Utara Pulau Natuna di berbatasan dengan Vietnam dan Pulau Miangas  di Utara Manado yang berbatasan dengan Filipina merupakan pulau terluar Indonesia. Apa yang harus dilakukan agar kasus sipadan ligitan tidak terjadi lagi?

Berikan jawaban singkat dengan menuliskan pada kolok komentar. Tuliskan nama dan kelas pada nama pengirim.

 

Comment (1)

  1. depika amelisa said on 22-03-2012

    nama : depika amelisa
    jurusan : perikanan

    1. Berikut manfaat adanya Deklarasi Juanda diantaranya yaitu:
    • laut-laut antarpulau merupakan wilayah RI dan bukan kawasan bebas sehingga tidak boleh bagi kapal-kapal asing yang ingin mengeksploitasi sumber daya alam khususnya di wilayah perairan Indonesia yang mutlak telah menjadi wilayah NKRI
    • luas wilayah Republik Indonesia berganda 2,5 kali lipat dari 2.027.087 km² menjadi 5.193.250 km²
    • perairan pedalaman atau perairan nasional yang berada dibawah kedaulatan mutlak Negara Republik Indonesia
    • menjadi pemersatu dan penghubung antarpulau, Pulau yang ada di wilayah Indonesia berjumlah lebih dari 17.500 pulau baik yang besar maupun yang kecil.
    • Dengan banyaknya jumlah pulau menyebabkan Indonesia memiliki garis pantai yang panjang. Panjang garis pantai di Indonesia sejauh 81.000 km dan merupakan salah satu garis pantai yang terpanjang di dunia. Adanya garis pantai yang panjang akan menguntungkan bagi negara Indoneisa, sebab kekayaan yang terkandung di dalamnya menjadi hak milik negara.
    • batas-batas wilayah laut di Indonesia harus diakui oleh dunia internasional
    • Laut memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan negara Indonesia. Selain sebagai sarana penghubung antarpulau, laut juga merupakan penghasil sumber daya hayati dan sumber daya nonhayati. Sumber daya tersebut merupakan kekayaan bagi negara Indonesia yang akan memberikan kesejahteraan bagi semua rakyat
    • Negara Indonesia berhak melakukan eksploitasi, eksplorasi, pengolahan, dan pelestarian sumber kekayaan alam yang berada di dalamnya baik di dasar laut maupun air laut di atasnya.
    • Pemerintah Indonesia berhak melakukan eksplorasi dan eksploitasi kekayaan alam yang berada di wilayah batas landas kontinen.

    2. Singapura adalah salah satu sasaran penjualan pasir. Sekitar tahun 1976 negara ini memulai proyek perluasan atau reklamasi wilayah pantai daratan singapura. Untuk proyek ini pemerintah Indonesia hanya mengeluarkan dua kuasa penambangan. Dan hasilnya luas singapura bertambah 31% dari tahun 1990 sampai th 2010. Untuk reklamasi daratan singapura bagian pantai timur dan pantai barat dibutuhkan sekitar 7.120.000.000 meter kubik pasir.
    Sejak agustus 2001 pencurian pasir di perairan indonesia sering terjadi. Dilakukan pada malam hari dengan kapal penghisap pasir made in belanda. Sambil tetap berjalan kapal ini memiliki kemampuan menyedot pasir sampai 10.000 m3/jam dengan kecepatan 2-3 knot.
    Petugas mengalami kesulitan untuk mengawasi pencurian pasir dengan modus berbagai teknologi tinggi. Maka pada februari 2002 smua ekspor pasir laut dan pasir timah dihentikan. Singapura terus menjalankan kebijakan reklamasi untuk memperluas wilayah daratannya. Hal ini bisa berjalan karena pemerintah Indonesia lengah. Padahal kebijakan negara Singa itu mengancam batas teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    Penambahan Luas Daratan Singapura adalah Ancaman bagi Kedaulatan IndonesiaBanyak pulau-pulau kecil di wilayah Provinsi Riau nyaris tenggelam termasuk Pulau Nipah yang jadi tanda batas kontinen antara Indonesia dan SingapuraReklmasimenjadikan Singapura menjorok sepanjang 12 Km laut ke wilayah Indonesia jika berpatokan pada original base line perjanjian perbatasan Indonesia-Singapura pada tahun 1973. Meski sempat ekspor pasir dihentikan oleh pemerintah pada tahun 2002, namun di lapangan masih kerap terjadi kegiatan ekspor ilegal. Ditambah lagi semakin marak perusahaan penambang pasir laut yang sudah mencapai 200 yang melakukan pengiriman pasir legal maupun ilegal. Malah kebutuhan domestik terhadap pasir laut jadi minim. Pemerintah harus segera tolak pengiriman legal dan ilegal pasir laut ke Singapura. Akibat exploitasi pasir besar-besaran tanpa perhitungan untuk bahan baku reklamasi pantai-pantai dan laut di Singapore itu, beberepa pulau kecil tak berpenghuni di sekitar Batam dan Singapore, karena abrasi laut, akhirnya pelan-pelan tenggelam dan lenyap dari permukaan laut. Akibatnya, berkuranglah satu persatu pulau-pulau kosong milik Indonesia di dekat perbatasan Indonesia-Singapore itu. Sementara itu, garis batas pun bergeser lebih menjorok ke arah Indonesia, sementara negara Singapore wilayahnya tambah luas dan batas lautnya semakin besar saja dengan memakan batas wilayah Indonesia. Hal ini sudah terjadi puluhan tahun lalu, sejak Soeharto jadi Presiden dulu sampai Presiden SBY sekarang ini.
    3. menurut saya mengenai kasus sipadan ligitan sebenarnya indonesia dan malaysia telah sepakat bahwa sementara menunggu hasil putusan mahkamah internasional kedua pulau kecil itu dalam status quo yang artinya tidak boleh diduduki oleh kedua negara bersangkutan. Namun pada kenyataanya negara kita yang telah memenuhi aturan hukum internasional, tetapi malaysia sendiri yang mengingkari kesepakatan itu dengan membangun resort di wilayah itu, sedangkan anggota kita yang membawa laporan dari sana malah dimarahi. Ini tentunya tidak etis dimana seharusnya dalam kasus persengketaan internasional seperti masing negara harus tetap mematuhi hukum internasional. Malaysia berlaku demikian hanya merugikan negara kita. Dan menurut saya ini tentu tidak adil apalagi setelah sengketa ini dibawa ke ICJ dan ternyata malaysia menangkan 16 hakim dari 17,hanya satu yang berpihak pada Indonesia. Padahal putusan itu tampa mempertimbangkan kegiatan pariwisata malaysia yang telah membangun resort disana dan juga tanpa mempertimbangan batas-batas teritorial perairan dan maritim Indonesia. Jelas dalam kasus ini sangat merugikan Indonesia. dan seyogyanya kasus ini perlu ditinjau kembali.

    trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *